Cara Pencegahan Darah Rendah

Pencegahan Darah Rendah – Bukan hanya tekanan darah tinggi saja yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, tetapi tekanan darah yang terlalu rendah pun tidak baik. tekanan darah rendah juga disebut dengan hipotensi. Karena tekanan darah pada pembuluh darah arteri yang sedikit, maka menandakan juga jika hanya sedikit darah yang keluar atau yang di pompa oleh jantung. Kondisi seperti ini tidak baik, karena bisa memberikan banyak dampak buruk untuk kesehatan tubuh. organ tubuh yang tidak mendapatkan cukup aliran darah bisa mengalami penurunan fungsi, sebab darah membawa oksigen yang dibutuhkan.

Cara Pencegahan Darah Rendah


Darah rendah bisa terjadi oleh siapa pun, baik pada usia muda atau pun di usia lanjut. tekanan darah yang rendah berada di angka di bawah 90/60, sehingga bisa ada gangguan kesehatan tubuh. tekanan darah memang tidak selalu menentu, tetapi jika masih di pada angka 90/60 sampai 140/90 sangatlah wajar, yang membahayakan jika terlalu tinggi dan terlalu rendah dibawah angka normal yang telah ditentukan.

Tekanan darah rendah bisa dialami akibat banyak faktor, atau ada masalah pada kesehatan tubuh yang bisa menyebabkan produksi darah bermasalah dan lain sebagainya. Salah satu hal yang bisa menyebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah ialah kondisi cuaca. Suhu udara yang panas bukan hanya akan meningkatkan suhu tubuh saja tetapi bisa juga menurunkan tekanan darah juga menjadi lebih rendah. Selain dikarenakan oleh udara, tekanan darah menurun pun bisa karena makanan yang dikonsumsi atau setelah makan. ketika makan maka dibutuhkan kerja organ pencernaan untuk memproses makanan yang masuk. Dan untuk berfungsi secara maksimal aliran darah menuju ke organ pencernaan sehingga tekanan darah bisa menurun.

Dampak yang menyebabkan tekanan darah menurun pun dikarenakan oleh gangguan kesehatan. ada beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan tekanan darah menurun atau dibawah rata rata. Seperti pada saat mengalami penyakit anemia atau dimana produksi darah tidak sesuai dengan kebutuhan maka jantung hanya sedikit mendapatkan darah dan juga secara otomatis penurunan tekanan darah bisa terjadi. atau selain anemia, sedang mengalami penyakit diabetes yang sedang kambuh. kambuhnya penyakit diabetes akan menyebabkan tekanan darah melemah atau menurun sebab ada masalah di hormon yang bisa menyebabkan keseimbangan air di dalam tubuh terganggu sehingga salah satu dampaknya ialah penurunan tekanan darah yang dibawah rata rata.

Pencegahan Darah Rendah

Darah rendah bisa dialami apabila ada masalah dengan keseimbangan air di dalam tubuh, dan keseimbangan air yang bermasalah tidak hanya karena hormon atau penyakit kencing manis saja, tetapi bisa dialami juga karena disebabkan oleh kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. sedikitnya jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi, dan darah tidak berjalan dengan baik ketika sedang dehidrasi, maka dari itu tekanan darah rendah salah satu hal yang terjadi pada saat sedang dehidrasi. Dampak dari menggunakan obat kimia pun bisa membuat tekanan darah sangat rendah. Dan biasanya obat yang digunakan ialah obat penenang.

Ketika mengalami tekanan darah rendah maka hal yang dirasakan oleh tubuh lemas dan juga lemah seperti tidak bertenaga karena suplai darah dan oksigen yang sangat terbatas. Jantung juga menjadi tidak beraturan detaknya. Kepala yang terasa ringan atau mengalami pusing kepala gejala darah rendah yang akan dialami ketika memiliki tekanan darah sangat rendah. Yang parahnya apabila sudah sangat rendah bisa kehilangan kesadaran atau pingsan, karena itu orang yang merasa terkejut atau pun syok bisa kehilangan kesadaran secara tiba tiba. penyakit darah rendah tidak baik jika berlangsung lama maka segera mengatasinya dengan obat untuk meningkatkan tekanan darah atau makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah namun makanan juga harus lebih sehat.

Hipotensi atau tekanan darah rendah bisa terjadi kapan saja, oleh sebab itu menjaga tekanan darah normal agar tidak terlalu rendah atau pun terlalu tinggi. pencegahan darah rendah bisa dilakukan dengan mudah, seperti dibawah ini :
Darah Rendah
  • Mencukupi kebutuhan air mineral, pencegahan darah rendah yang baik ialah dengan mencukupi kebutuhan air mineral. Sebab cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena ada banyak dampak buruk yang terjadi apabila cairan tidak tercukupi, termasuk akan menyebabkan tekanan darah rendah sebab darah tidak mengalir dengan baik.
  • Makan secara teratur, pencegahan darah rendah yang lainnya ialah dengan makan secara teratur. Makan di waktu yang tepat , dan juga makan pun tidak baik terlalu banyak atau yang sulit untuk dicerna, sebab nanti organ pencernaan membutuhkan banyak suplai darah sehingga tekanan darah akan melemah. Karena itu makan lah yang cukup untuk pencegahan darah rendah.
  • Olahraga, pencegahan darah rendah yang efektif juga dilakukan ialah dengan berolahraga. Olahraga yang dilakukan juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan, olahraga saja yang cukup untuk menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Hindari menggunakan obat penenang, pada saat sedang stress atau depresi sebaiknya tidak menggunakan obat penenang karena bisa merendahkan tekanan darah dibawah rata rata, dan hal ini juga pencegahan darah rendah yang efektif.