Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah – Salah satu kondisi kesehatan yang sedang kurang baik bisa di saat tekanan darah sedang lemah. Melemahnya tekanan darah ke dinding pembuluh arteri lah yang membuat kondisi terjadi, dan tidak baik untuk tubuh. sebab ada hambatan untuk darah berjalan dengan seluruh organ, dan organ tubuh yang tidak mendapatkan asupan darah yang cukup bisa menurun fungsinya, dan kondisi seperti itu lah yang bahaya.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

Masih banyak yang belum mengetahui ukuran tekanan darah yang normal sehingga belum di jaga tekanan darahnya agar tatap normal. bisa di ingat bahwa tekanan darah yang normal 120/80 mmhg, dan paling rendahnya 90/60 mmhg, sehingga tidak mengganggu kesehatan. tetapi jika mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah, maka angkanya bisa dibawah 90/60 mmhg. Kondisi ini tidak baik jika berlangsung lama, dan harus segera di tingkatkan agar tidak merusak otak maupun jantung. karena jantung dan otak bisa rusak jika tekanan darah terlalu rendah jangka panjang.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah yang terlalu rendah sampai dibawah rata rata ini bisa dialami oleh siapa pun, dan penyebabnya bisa karena banyak faktor. Maka dari itu untuk mengantisipasinya lebih baik mengetahui faktor penyebab tekanan darah rendah agar tidak dialami. dibawah ini beberapa faktor penyebab tekanan darah rendah :
  • Cuaca panas, faktor penyebab tekanan darah rendah pertama bisa di saat sedang cuaca panas. Suhu udara yang sedang panas bisa menurunkan tekanan darah, sehingga tekanan darah bisa sangat rendah. Tetapi biasanya akan kembali membaik di saat suhu kembali normal.
  • Dehidrasi, faktor penyebab tekanan darah rendah yang kedua ialah karena dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan bukan hanya akan menyebabkan tubuh lemas saja, tetapi juga akan mengganggu darah mengalir dan juga bisa menurunkan tekanan darah. karena itu apabila sedang puasa, yang tidak minum dan makan dalam waktu lama bisa memiliki tekanan darah rendah juga. tetapi jika sudah minum dan makan lagi, tekanan darah bisa kembali normal dan tidak masalah untuk tubuh.
  • Penyakit anemia, faktor penyebab tekanan darah rendah yang ketiga ialah karena penyakit anemia. Penyakit anemia atau kurang darah bisa terjadi karena sel darah merah tidak dihasilkan degan jumlah yang cukup. Pemicunya bisa dari kurang makanan yang merangsang produksi makanan tersebut seperti jenis makanan zat besi. Oleh karena itu penyakit anemia bisa mempengaruhi tekanan darah penderitanya juga.
  • Efek dari obat, penurunan tekanan darah bisa pada saat setelah minum obat. setelah mengkonsumsi obat dan obat telah bereaksi tekanan darah bisa menurun. Tetapi tidak semua jenis obat bisa menjadi faktor penyebab tekanan darah rendah, hanya beberapa jenis obat, yang umumnya adalah obat untuk mengatasi depresi atau pun stress.
  • Minum alkohol, tidak hanya setelah minum obat saja, tekanan darah juga bisa menurun setelah minum alkohol. Karena mengkonsumsi minuman mengandung alkohol lah yang bisa memberikan dampak penurunan tekanan darah dibawah normal. karena itu sebaiknya tidak minum atau makan makanan mengandung alkohol.
  • Masalah pada hormon, faktor penyebab tekanan darah rendah bisa di saat memiliki masalah pada hormon. Seperti masalah produksi hormon insulin yang banyak dialami oleh penderita diabetes pun bisa menyebabkan tekanan darah tidak terkontrol, bisa terlalu tinggi atau pun terlalu rendah.
  • Pendarahan, kecelakaan yang menyebabkan banyak darah keluar pun bisa secara tiba tiba menurunkan tekanan darah. jika terlalu rendah biasanya dibutuhkan transfusi darah, agar tidak merusak jantung.
Jika sudah mengetahui faktor penyebab tekanan darah rendah sekarang jadi bisa menghindarinya lalu melakukan pencegahan tekanan darah rendah atau mengalami hipotensi. Tekanan darah memang selalu berubah ubah setiap saat, sehingga perlu dijaga dengan baik agar rendahnya tidak dibawah normal. karena jika sampai dibawah normal biasanya tubuh akan sangat lemah, dan juga lemas. Kondisi ini akan menyebabkan fisik terganggu, dan juga sulit jika ingin melakukan banyak aktivitas sebab kondisi fisik yang kurang baik bisa mudah lelah untuk melakukan kegiatan. Pandangan mata kabur, hilang keseimbangan, bahkan pingsan pun bisa terjadi ketika menderita tekanan darah rendah yang parah. jika sampai hilang kesadaran kemungkinan jika oksigen tidak di dapatkan dengan baik oleh otak.

Upaya yang bisa dilakukan bisa secara teratur cek tekanan darah, sehingga bisa mengontrol tekanan darah. konsumsi makanan yang sehat terutama sayuran dan buah buahan untuk merangsang produksi darah tetap berjalan dengan baik. memenuhi kebutuhan asupan cairan pun tidak kalah penting agar tekanan darah tetap normal. walaupun sudah memiliki tekanan darah normal tetapi tidak dijaga bisa saja menurun atau meningkat melebihi ukuran normal. oleh karena itu menjaga tekanan juga perlu dilakukan. untuk menjaganya bisa menghindari rokok, alkohol, makanan dan minuman kafein terlalu banyak, dan juga bisa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti jus buah. Olahraga juga sangat penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal jadi tidak bisa di tinggalkan atau pun diabaikan jika ingin menghindari tekanan darah rendah atau pun tinggi.

Info Lainnya : Obat Penurun Berat Badan