Tekanan Darah Rendah Atau Penyakit Hipotensi

Tekanan darah rendah hipotensi timbul akibat penurunan curah jantung atau penurunan resistensi perifer. Penurunan curah jantung terjadi pada penyakit Addison, miokariditsm infark miokardium dan perikarditis dengan efusi; tekanan darah rendah juga dapat terjadi setelah pendarahan. Penurunan tekanan darah yang meyolok, yang terjadi pada efusi pericardium, merupakan tanda prognosis yang serius dan  merupakan petunjuk untuk dilakukan perikardiosintesis.

Tekanan Darah Rendah Atau Penyakit Hipotensi

Penurunan resistensi perifer yang mendadak (kolaps vasomotor) dapat terjadi pada pneumonia, septicemia, insufisiensi adrenal akut (sindroma Waterhouse-Friderichsen) dan keracunan obat-obatan. Penurunan terhadap darah pada saat berdiri mungkin cukup besar untuk menimbulkan iskemia otak dan sinkop. Hipotensi ortostatik ini sering kita jumpai pada penderita anemia berat dan pada orang yang telah berusia lanjut yang menderita arteriosklerosis parah yang tidak dapat memberi respon yang cepat atas perubahan posisi tubuh yang mendadak. Hipotensi mungkin merupakan tanda gangguan pengaturan otonom pada sindroma Shy Drager.

Menguap merupakan kebiasaan hidup yang dapat dijadikan pertanda adanya gangguan organ dalam tubuh. Menguap merupakan indikasi adanya penyakit syaraf dan tekanan darah rendah hipotensi. Tekanan darah rendah hipotensi disebabkan oleh kurangnya darah yang dipompa ke otak sehingga otak kekurangan pasokan oksigen dan membuat seseorang menguap, kurang konsentrasi dan kelelahan. Pada tekanan darah rendah, mengonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Bagi penderita hipertensi hal ini sangat diharapkan, Namun bagi yang memiliki tekanan darah rendah, justru akan sangat berbahaya. Jika terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, tekanan darah akan menurun drastic. Tentunya hal ini akan membahayakan jiwa Anda. Bagi yang ingin menurunkan kolesterol atau kadar gula darah, tetapi memiliki tekanan darah rendah yang stabil, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan mengambil keputusan sendiri sebab akan berakibat fatal.

Penyebab dari  penyakit tekanan darah rendah hipotensi adalah :
  1. Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh.
  2. Efek samping yang terjadi karena mengonsumsi obat atau minuman seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresa, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah hipertensi atau antihipertensi dan penyakit jantung koroner, analgesic.
  3. Masalah penyakit jantung seperti berubahnya irama jantung (aritmia), serangan jantung, gagal jantung.
  4. Kejutan emosional, misalnya syok yang terjadi diakibatkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat).
  5. Pendarahan, dll. Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika Anda sering mengalami pingsan atau penyakit hipotensi yang sering mulai mengganggu kualitas hidup Anda.
  6. Penyakit diabetes tingkat lanjut.