Ciri Gejala Darah Rendah

Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah keadaan di mana tekanan darah adalah lebih rendah dari tekanan yang diperlukan oleh tubuh, sehingga setiap organ dari badan tidak mendapat aliran darah yang cukup. Tekanan darah seseorang adalah berbeza.

Ciri Gejala Darah Rendah

Memba-bitkan kawalan utama otak, jantung, buah pinggang dan ransangan di dalam salur darah. Bagi penghidap tekanan darah rendah, mereka tidak akan menunjukkan tanda mereka mem-punyai penyakit tekanan darah rendah. Mereka akan menunjukkan ciri gejala awal darah rendah seperti:
  1. cepat lelah
  2. pening kepala ketika posisi badan berubah
  3. sukar untuk berkonsentrasi
  4. mata berkunang-kunang
  5. mual
  6. kulit berasa dingin, pucat dan lembap
  7. pernafasan cepat dan pendek
  8. defresi
  9. cepat haus
Ciri gejala darah rendah disebabkan oleh beberapa penyebab yaitu :
  1. Dehidrasi. Efek samping obat seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresan, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner, analgesik.
  2. Masalah jantung seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung, gagal jantung.
  3. Kejutan emosional, misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat.
  4. Perdarahan, dll. Anda sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika sering pingsan atau hipotensi mengganggu kualitas hidup Anda.
  5. Diabetes tingkat lanjut
Ciri gejala darah rendah juga bisa disebabkand dari shock. Disaat seseorang mengalami masalah shock, maka tekanan darah akan rendah sehingga aliran oksigen ke organ utama tubuh tidak dapat terlaksana dengan baik termasuk salah satunya adalah otak.

Bila aliran darah ke otak tidak cukup juga maka gejala yang timbul seperti pusing, mengantuk dan kebingungan. Ciri gejala darah rendah mungkin sulit terlihat pada saat awal terkena shock. Untuk orang tua, biasanya akan mengalami kebingungan apabila yang mengalami tekanan darah rendah.

Jika shock tersebut makin buruk, maka orang itu akan pingsan. Jika berlanjut, maka orang tersebut akan kehilangan kesadaran. Jika tidak ditangani dengan cepat, shock bisa menyebabkan masalah yang fatal. Shock juga bisa terjadi karena volume darah rendah sehingga aksi memompa dijantung berkurang (gagal jantung).

Pencegahan penyakit darah rendah ini bisa dilakukan dengan:
  1. Makan makanan bergizi
  2. Tidur cukup
  3. Mandi air dingin.
Tekanan darah rendah sendiri juga bisa diderita oleh anak kecil (karena sakit panas tinggi) ataupun oleh orang dewasa (karena kelelahan fisik yang berkepanjangan).
Cara pengobatan dari darah rendah sendiri adalah ;
  1. Makan makanan yang bergizi dan menyebabkan kenyang
  2. Tidur cukup dengan cara kepala lebih rendah daripada kaki (posisi kaki lebih tinggi daripada posisi kepala)